Minggu, 27 September 2009

Rotan

Rotan Manau ( Calamus manan Miq)

Rotan manau secara umum memiliki warna batang kuning lansat, dengan diameter batang yang sudah dirunti berkisar 25 mm, panjang ruasnya 35 cm dengan total panjang batang bila merambat dewasa mencapai 40 meter.

Tempat tumbuhnya secara alami adalah didaerah Thailand, Semenanjung Malaya, Pulau sumatera dan Kalimantan. Kondisi iklim yang disukai adalah daerah beriklim basah, dan hidup baik ada ketinggian 50 – 600 meter diatas permukaan laut.

Tumbuh batangnya merambat di antara batang dan ranting pohon, tumbuhnya tunggal tidak berumpun, sehingga untuk pembudidayaanya hanya melalui biji.

Daunnya rotan manau majemuk menyirip, tiap daun terdiri dari kurang lebih 40 pasang anak daun. Bentuk anak daun bervariasi dari bentuk lanset sampai bulat telur lanset sunsang. Pelepah dan tangkai daunnya diselimuti duri yang tajam dan rapat. Rotan manau memiliki bungannya tersusun dalam tandan berbentuk malai, perbungaan tersebut berukuran panjang dan letaknya menggantung. Sedangkan rotan manau memiliki buah yang tidak terlalu besar, panjang kurang lebih 3 cm bersisik dan berbentuk lonjong.

Karena bentuk diameter batangnya yang besar, kuat dan kokoh, maka sebagian besar hasil akhir dari produknya dipakai bagi keperluan pembuatan rangka kursi, meja, tempat tidur, sofa, dan keperluan rangka furnitur lainya.

8 komentar:

  1. Artikelnya sangat bermanfaat utk menambah pengetahuan tentang rotan. terimakasih ya....


    Mina
    http://www.lampitrotanshop.com/

    BalasHapus
  2. Indonesia merupakan negara yang kaya akan cita rasa seni dan budaya,

    pengrajin indonesia yang sangat kreatif membuat sederet keistimewaan serta

    keunikan lainnya yang tidak dimiliki dan bahkan tidak dapat disaingi oleh produk bangsa-bangsa lain di dunia. maju terus kerajinan indonesia, dukung produk-produk dalam negri asli indonesia.

    BalasHapus
  3. rotan merupakan salah satu kekayaan alam indonesia yang bisa di jadikan sebagai kerajinan sperti kursi dll, i love indonesia

    BalasHapus
  4. mebel rotan memiliki leindahan tersendiri di bandingkan furniture kayu, kita juga bisa memilih design sesuka kita

    BalasHapus
  5. Rotan Indonesia adalah salah satu bahan yang sangat tepat untuk digunakan sebagai bahan furniture.

    BalasHapus
  6. Berbagai Rhiasan untuk mengisi taman anda dengan rumput sintetis

    BalasHapus
  7. Jual Kursi Rotan alami dan Sintetis di Jepara.

    BalasHapus