Senin, 21 September 2009

Rotan Taman ( Calamus caesius Blume)

Rotan Taman, wirotan Sega Hu, dan Sesah adalah nama yang diberikan untuk rotan Taman yang tumbuh di derah Kalimantan, nama rotan ini kalau tumbuh di daerah lainnya adalah Rotan Sega ( Aceh), rotan Segeu (Gayo), rotan Sego ( Sumatera Barat), rotan Sega benar/Segabuah ( Malaya).

Tempat tumbuhnya yang alami adalah di daerah yang kering, dataran rendah yang kering sampai berbukit-bukit. Jenis ini juga sudah sejak lama dibudidayakan oleh masyarakat Kalimantan Tengah yang berdiam didaerah sungai Mentaya, sungai Katingan, sungai Kahayan, dan daerah lainnya. Tumbuhnya berumpun, dan dalam setiap rumpunya bisa mencapai 100 batang dengan panjang setiap batang yang sudah dewasa mencapai 50 meter atau lebih. Batangnya berwarna hijau kekuningan dan berubah menjadi kuning telur dan mengkilap apabila sudah dirunti dan kering. Diameter batangnya antara 4 – 11 mm, panjang ruas 15 – 30 cm.Daunnya berbentuk majemuk menyirip, dengan anak daun berbentuk lanset memanjang dan warna permukaan bawah anak daunnya yang khas putih kapur dan bagian atasnya hijau mengkilat. Selain itu bagian ujung anak daunnya melengkung keatas. Panjang daun berikut cirrus 0.5 – 1,25 m. Seludang ditumbuhi duri berbentuk segitiga agak pendek.Buahnya berbentuk lonjong, panjang mencapai 1,5 cm, kulit buahnya bersisik, berwarna hijau dan akan berubah menjadi coklat kekuning-kuningan bila sudah masak.

Sama halnya dengan rotan Irit, maka rotan Taman merupakan bahan baku bagi keperluan pembuatan lampit rotan dan bahan baku dalam pembuatan anyaman.Sedangkan 40 jenis rotan lainnya untuk penjelasan ......klik disini.

1 komentar:

  1. saya sedang membuat skripsi tentang kerajinan rotan di kecamatan curug-kabupaten tangerang =D pas banget nemu buku Rotan Indonesia di perpustakaan fakultas saya, eh nemu blog nya di google =D ditunggu pak Buku tentang kerajinan Rotan nya =D terima kasih,,,

    BalasHapus