Senin, 01 Juni 2009

INFORMASI DIRI

Januminro Bunsal, Ir. M.Si, lahir 13 Juli 1962 di Buntok, Kalimantan Tengah, yaitu salah satu daerah penghasil rotan terbesar di Indonesia. Menempuh pendidikan pada Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat, dan meraih gelar Sarjana Kehutanan tahun 1986, dan pada tahun 2008 menyelesaikan pendidikan Strata (S2) pada Program Pasca Sarjana Program Studi Magister Manajemen Universitas Palangka Raya.
Penulis adalah peminat masalah rotan, dan sudah menghasilkan buku
Rotan Indonesia, Potensi Budidaya, Pemungutan, Pengolahan, Standart Mutu, dan Prospek Pengusahaan, yang diterbitkan oleh Penerbit Kanisius – Yogjakarta.

Untuk mempelajari masalah Hutan dan Kehutanan terutama industri pengolahan meubel, penulis pernah melakukan kunjungan studi ke beberapa Negara Eropah antara lain Swiss, Jerman, Belanda, Scotlandia, dan Finlandia. Telah mengunjungi beberapa sentra industri pengolahan kerajinan dan meubel rotan dalam negeri di Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Cirebon, dan Jogyakarta.

Selain itu pernah melakukan survey potensi rotan di berbagai lokasi hutan serta belajar secara khusus untuk memahami proses mengolah beragam motif anyaman tradisionil dari suku Dayak pedalaman Kalimantan Tengah.

Saat ini profesi utama adalah sebagai abdi negara, dan sering menulis pada beberapa koran lokal dan nasional mengenai produk hasil hutan dan lingkungan mengikuti berbagai seminar dan lokakarya di bidang lingkungan serta menjadi nara sumber masalah rotan.

8 komentar:

  1. blgo sudah cukup bagus pah
    tingkatkan terus
    kalo bisa ada blog versi English nya
    supaya bisa jadi blog Internasional

    BalasHapus
  2. Oke.terima kasih atas sarannya.

    BalasHapus
  3. salam sukses mas @jan,n slam knal,
    artikelnya sangat menarik buat semua pembaca terutama bwat saya yg kbetulan lg menekuni di bidang industri rotan. Monon izin copy mas @jan

    BalasHapus
  4. Yth Pak Jan,

    Mohon informasinya pak, kalau ada buyer yang berminat utk beli bahan baku rotan,dimana saya bisa hubungi ya pak ?

    ada buyer saya dari China ingin beli bahan baku rotan utk di jadikan furniture.

    Apakah perizinan utk exportnya bisa ?

    Salam,
    Surya
    (Suryadinata@hotmail.com)

    BalasHapus
  5. Informasi yang sangat menarik. Semoga kita dapat lebih mencintai kekayaan alam negeri ini.

    BalasHapus
  6. pak gmn cara beli bukunya bapak?

    BalasHapus